Masa Depan Model Pembelajaran eLearning di Indonesia: Masalah dan Peluang

Penulis

  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Faizal Madya Univeristas Terbuka
  • Herman Dema Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Abstrak

Artikel ini mengkaji mengenai keberlanjutan model pembelajaran eLearning pasca pandemi Covid-19 dengan fokus kepada permasalahan dan peluang. Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil analisis menunjukan setidaknya permasalahan pembelajaran model eLearning terdiri dari 4 (empat), yaitu: Pertama, keterbatasan dan tidak meratanya infrastruktur teknologi informasi. Kedua, terbatasnya Sumber Daya Manusia. Ketiga, kesiapan institusi pendididikan. Keempat, paradigma dan nilai budaya dalam pembelajaran eLearning. Peluang eLearning di masa yang akan datang yaitu mampu mempercepat akses pendidikan di daerah yang memiliki infrastruktur pendidikan kurang dan tidak terjangkau oleh model pendidikan berbasis tatap muka. Kata kunci — e-Learning, model pembelajaran, pendidikan, teknologi informasi.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-13

Cara Mengutip

Herdiana, D. ., Madya, F. ., & Dema, H. . (2021). Masa Depan Model Pembelajaran eLearning di Indonesia: Masalah dan Peluang. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 491–495. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/107