Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Mobile terhadap Fokus dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Sebuah Studi pada Mahasiswa Angkatan 2021
Kata Kunci:
Game Online Mobile, Perilaku Belajar, ProduktivitasAbstrak
Abstrak — Penelitian ini menyelidiki dampak penggunaan game online mobile terhadap perilaku belajar mahasiswa menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 65,7% mahasiswa mengindikasikan game online mobile memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajarnya. Namun, juga ditemukan bahwa game online mobile dapat mengganggu fokus belajar dan mengurangi waktu belajar mahasiswa. Mayoritas mahasiswa bermain game online dalam rentang waktu kurang dari 1 jam dengan aturan waktu bermain tertentu. Penelitian ini menunjukkan pentingnya manajemen waktu dan kesadaran diri dalam penggunaan game online mobile, serta perlunya edukasi terkait penggunaan teknologi di lingkungan akademik.Unduhan
Diterbitkan
2023-12-28
Cara Mengutip
Hamdayani, isty. (2023). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Mobile terhadap Fokus dan Motivasi Belajar Mahasiswa: Sebuah Studi pada Mahasiswa Angkatan 2021. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 6, 084–087. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/185
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.