Klasifikasi Perilaku Pelanggan Layanan Internet Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors

Penulis

  • Muhammad Khaibar Akbar Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Ikram Hidayat
  • Muhammad Nuril Muqit
  • Zaitun

Abstrak

Pemahaman perilaku pelanggan menjadi kunci utama dalam meningkatkan kepuasan, penjualan, dan efisiensi operational. Untuk membantu layanan internet dalam memprediksi perilaku pelanggan, dilakukan dengan menggunakan pendekatanan machine learning dalam mengklasifikasikan perilaku pelanggan. Variabel yang paling relevan dengan hasil klasifikasi kami ditentukan dengan menggunakan feature selection. Setelah memilih fitur-fitur sebagai atribut yang berpengaruh terhadap prediksi perilaku pelanggan, kemudian diklasifikasikan menggunakan metode K – Nearest Neighbors (KNN). Selanjutnya confusion matrix digunakan untuk mengukur performa klasifikasi, tingkat akurasi adalah 0.78. Diharapkan, hasilnya akan mendalamkan pemahaman perilaku pelanggan dan klasifikasi berdasarkan preferensi serta Sejarah pembelian.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Akbar, M. K., Hidayat, M. I. ., Muqit, M. N., & Zaitun. (2023). Klasifikasi Perilaku Pelanggan Layanan Internet Menggunakan Metode K-Nearest Neighbors. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 6, 144–148. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/191