PENGARUH SHOPEE AFFILIATE SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Abstrak
Ditandai oleh perkembangan yang pesat, peran media sosial dalam memengaruhi perilaku konsumtif penggunanya menjadi isu krusial dalam konteks pemasaran. Penelitian ini menitikberatkan Shopee Affiliate sebagai komponen utama dalam strategi pemasaran media sosial yang bertujuan memahami dampaknya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Sebagai bagian dari program e-commerce Shopee, Shopee Affiliate dirancang untuk mempermudah pemasaran produk. Penggunaan metode analisis regresi linear dalam penelitian ini untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari sejumlah mahasiswa kemudian mengidentifikasikan hubungan antara penggunaan Shopee Affiliate dan perilaku konsumtif mahasiswa. Mengingat maraknya penggunaan Shopee Affiliate dan peran penting media sosial dalam memengaruhi perilaku konsumen, muncul permasalahan perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa yang semakin meningkat dalam berbelanja online disebabkan oleh adanya pengaruh seperti Shopee Affiliate melalui sosial media yang semakin kuat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pada penelitian ini juga akan menganalisis data-data yang didapatkan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu diperhatikan untuk meminimalkan dampak negatif dari perilaku konsumtif. Dari penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana perilaku konsumtif mahasiswa yang dipengaruhi oleh Shopee Affiliate melalui media sosial dan meningkatkan kesadaran konsumen tentang pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian mereka, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam pengeluaran mereka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.