Perbandingan Model Algoritma Klasifikasi Pada Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung (The Whoosh)

Penulis

Kata Kunci:

Sentimen Analisis, Kereta Cepat, Algoritma, Model Klasifikasi

Abstrak

Kereta Cepat merupakan Kereta Api Cepat yang dibangun di Indonesia,  kereta Cepat Ini Merupakan Kereta Canggih yang dilengkapi fasilitas dan layanan lengkap untuk menunjang akomodasi masyarakat. Beroperasi dengan Rute Jakarta Bandung, Pengguna kereta cepat ini akan Memudahkan Mobilisasi Masyakarat Yang Akan Bepergian Dengan Rute tersebut. Perkembangan informasi dan teknologi saat ini tidak lepas dari penyedia layanan sosial media yang selalu menyediakan informasi yang beragam salah satunya yaitu sosial media X (Twitter). Twitter adalah sebuah sosial media yang mengizinkan penggunanya untuk membuat dan mengirimkan pesan secara realtime, pesan populer ini dikatakan dengan sebutan tweet. Dengan menggunakan tweet pengguna akan mudah untuk mengikuti tren, cerita, dan informasi lainnya. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentiment terhadap opini masyarakat mengenai layanan kereta cepat jakarta bandung, dengan mengambil dataset dari tweet, cerita, informasi dan berita lainnya melalui sosial media X (Twitter). pada proses crawling data menggunakan kata kunci "Layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung" dan tweets yang diambil dari bulan September hingga Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan 3 model algoritma klasifikasi yaitu Naive Bayes, Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighborst (KNN). Hasil penelitian ini akan menghasilkan perbandingan model algoritma klasifikasi. Performa tingkat akurasi paling baik dihasilkan oleh model SVM yaitu sebasar 86% diikuti dengan KNN sebesar 85% dan Naïve Bayes sebesar 84%. Melihat kecenderungan respon masyarakat mengenai layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung apakah memiliki berkecenderungan positif berdasarkan hasil tweet dari Kereta Cepat Jakarta Bandung. Dari hasil perbandingan algoritma tersebut Dapat membantu masyarakat Jakarta dalam menentukan pilihan transportasi umum yang nyaman dan aman.Kereta Cepat merupakan Kereta Api Cepat yang dibangun di Indonesia,  kereta Cepat Ini Merupakan Kereta Canggih yang dilengkapi fasilitas dan layanan lengkap untuk menunjang akomodasi masyarakat. Beroperasi dengan Rute Jakarta Bandung, Pengguna kereta cepat ini akan Memudahkan Mobilisasi Masyakarat Yang Akan Bepergian Dengan Rute tersebut. Perkembangan informasi dan teknologi saat ini tidak lepas dari penyedia layanan sosial media yang selalu menyediakan informasi yang beragam salah satunya yaitu sosial media X (Twitter). Twitter adalah sebuah sosial media yang mengizinkan penggunanya untuk membuat dan mengirimkan pesan secara realtime, pesan populer ini dikatakan dengan sebutan tweet. Dengan menggunakan tweet pengguna akan mudah untuk mengikuti tren, cerita, dan informasi lainnya. Pada penelitian ini dilakukan analisis sentiment terhadap opini masyarakat mengenai layanan kereta cepat jakarta bandung, dengan mengambil dataset dari tweet, cerita, informasi dan berita lainnya melalui sosial media X (Twitter). pada proses crawling data menggunakan kata kunci "Layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung" dan tweets yang diambil dari bulan September hingga Oktober 2023. Penelitian ini menggunakan 3 model algoritma klasifikasi yaitu Naive Bayes, Support Vector Machine (SVM) dan K-Nearest Neighborst (KNN). Hasil penelitian ini akan menghasilkan perbandingan model algoritma klasifikasi. Performa tingkat akurasi paling baik dihasilkan oleh model SVM yaitu sebasar 86% diikuti dengan KNN sebesar 85% dan Naïve Bayes sebesar 84%. Melihat kecenderungan respon masyarakat mengenai layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung apakah memiliki berkecenderungan positif berdasarkan hasil tweet dari Kereta Cepat Jakarta Bandung. Dari hasil perbandingan algoritma tersebut Dapat membantu masyarakat Jakarta dalam menentukan pilihan transportasi umum yang nyaman dan aman.

Biografi Penulis

Sawali Wahyu, Universitas Esa Unggul

Dosen Fakultas Ilmu Komputer -  Program Studi Teknik Informatika

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Wahyu, S. (2023). Perbandingan Model Algoritma Klasifikasi Pada Analisis Sentimen Opini Masyarakat Terhadap Layanan Kereta Cepat Jakarta Bandung (The Whoosh) . Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 6, 218–225. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/214