Perancangan Model User Experience (UX) Pada Aplikasi Mobile Pendaftaran Pasien di Puskesmas dengan Pendekatan Design Thinking dan Usability Testing
Kata Kunci:
Design Thinking, Puskesmas, Usability Testing, User ExperienceAbstrak
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama di wilayah kerjanya. Peran Puskesmas sendiri berguna dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Puskesmas sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik memerlukan adanya sistem informasi yang akurat dan handal untuk meningkatkan pelayanan pasien. Pelayanan Puskesmas sebagian besar berbasis informasi, salah satunya adalah proses pendaftaran pasien. dengan tujuan untuk menganalisis kebutuhan sistem informasi pendaftaran pasien di Puskesmas. Hasil penelitian menghasilkan desain UI/UX yang berfokus pada user experience yang dibutuhkan oleh end user yaitu pasien. Desain aplikasi ini dibangun menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak yang berfokus pada desain yaitu Design Thinking, dengan tujuan agar mudah beradaptasi dengan kebutuhan aplikasi yang berubah ubah. Serta pendekatan usability testing untuk peninjauan terhadap hasil desain UI/UX yang telah dibuat. Hasil Usability Testing dari aplikasi ini menunjukkan bahwa keseluruhan atribut aplikasi diterima dengan baik oleh pengguna, dengan nilai rata-rata di atas 3 yang dapat disimpulkan aplikasi ini mudah dipelajari dan dimengerti oleh pengguna.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.