Pengembangan Media Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pembelajaran dalam Pandemi COVID-19 di SMK

Penulis

  • Yulius Hari Universitas Widya Kartika
  • Darmanto Darmanto Universitas Widya Kartika
  • Yonatan Widianto Universitas Widya Kartika
  • Budi Hermawan Universitas Widya Kartika

Kata Kunci:

Augmented Reality, Media Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran saat pandemi, media interactive

Abstrak

Salah satu permasalahan utama yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan saat pandemic COVID-19 adalah rendahnya partisipasi siswa yang berimplikasi langsung pada pemahaman dan penguasaan materi terlebih pembelajaran praktek. Penelitian ini bermitra dengan SMK 10 November Sidoarjo yang berfokus pada jurusan keperawatan. Pengembangan media dengan bantuan teknologi Augmented Reality ini utamanya pada materi praktikum seperti Anatomi Fisiologis dan Hematology. Metode pengembangan pada penelitian ini merujuk pada model Borg and Galls development serta konsep blended learning. Berdasarkan hasil kuisioner pada siswa penelitian ini memberikan respon positif terhadap partisipasi siswa dan memberikan pegalaman baru dalam belajar secara daring yang didukung pula dengan peningkatan nilai yang signifikan pada hasil post-test

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-09

Cara Mengutip

Hari, Y., Darmanto, D., Widianto, Y. ., & Hermawan, B. (2021). Pengembangan Media Interaktif berbasis Augmented Reality untuk Mendukung Pembelajaran dalam Pandemi COVID-19 di SMK. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 127–131. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/36