Analisis Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Bima

Penulis

  • Fitri Marwahdiyanti STKIP Taman Siswa Bima
  • Ita Fitriati STKIP Taman Siswa Bima
  • Ilyas Ilyas Ilyas

Kata Kunci:

Augmented Reality, ABK Tunadaksa, Golongan Ringan, Minat Belajar

Abstrak

Pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk sekolah luar biasa (SLB) dituntut untuk lebih interaktif, anak berkebutuhan khusus (abk) klasifikas tunadaksa golongan ringan diharapkan bisa lebih termotifasi dan memiliki inisiatif agar potensi yang dimilikinya dapat dikembangkan dengan baik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan minat belajarnya. Agar ABK klasifikasi tunadaksa golongan ringan dapat memiliki kemampuan tersebut diperlukannya media dengan teknologi augmented reality yang mampu memvisualisasikan objek secara nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar abk klasifikasi tunadaksa golongan ringan dengan pemanfaatan aplikasi berbasis augmented reality yaitu arloopa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan sampel siswa abk kelas 1, 4, 6 pada jenjang sekolah dasar di SLB Negeri 1 Kabupaten Bima yang berjumlah 5 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket, dengan teknik analisis data menggunakan skala likert 3 indikator diantaranya indikator ketertarikan, indikator perhatian, dan indikator aktifitas. Hasil penelitian menunjukan untuk indikator ketertarikan medapatkan persentase sebesar 88.65% dengan kategori sangat baik, indikator perhatian mendapatkan persentase sebesar 87.95% dengan kategori sangat baik, dan indikator aktifitas mendapatkan persentase sebesar 86.65% dengan kategori sangat baik. Hasil persentase untuk keseluruhan mendapatkan nilai 87.75% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa pemanfaatan aplikasi berbasis augmented reality (arloopa) sangat baik digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa abk tunadaksa golongan ringan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-09

Cara Mengutip

Marwahdiyanti, F., Fitriati, I., & Ilyas, I. (2021). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Augmented Reality untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Bima. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 208–214. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/52