Aplikasi Artefak Museum Bank Indonesia Berbasis Model 3D

Penulis

  • Sony Setiawan Universitas Esa Unggul
  • Habibullah Akbar Universitas Esa Unggul
  • Nizirwan Anwar Universitas Esa Unggul

Kata Kunci:

Model 3D, Bank Indonesia Museum, PSSUQ, Unity, Firebase, Prototyping

Abstrak

Museum Bank Indonesia menyimpan benda-benda penting dan bersejarah. Hantaman Covid-19 membuat jumlah pengunjung museum merosot tajam. Sekalipun tanpa pandemi, kondisi kota Jakarta yang macet menyebabkan pengunjung yang jauh semakin kesulitan untuk mencapai lokasi museum. Pada penelitian ini, kami membangun aplikasi artefak museum berbasis mobile menggunakan metode prototyping. Aplikasi ini mampu menampilkan artefak-artefak museum dalam bentuk model 3D. Aplikasi dibangun menggunakan Unity yang bekerja diatas sistem operasi Android. Model 3D artefak museum dibuat dengan Blender yang kemudian disimpan di Firebase Realtime Database. Untuk mengevaluasi kebergunaan aplikasi, kami menggunakan Post-Study System Usability Questionnarie (PSSUQ). Skor rata-rata overall PSSUQ mencapai 5,54 yang menunjukkan bahwasanya kepuasan user terhadap aplikasi dapat diterima dengan baik. Adapun, skor Sysuse, Infoqual, dan Interqual masing-masing mencapai nilai 5,40, 5,55, dan 5,80. Ketiga metrik tersebut menunjukkan kebergunaan aplikasi, kualitas informasi, kualitas dan tampilan aplikasi dapat diterima user. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengunjung yang kesulitan untuk datang ke museum Bank Indonesia khususnya di masa pandemi untuk tetap dapat mempelajari sejarah dari artefak museum.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-09

Cara Mengutip

Sony Setiawan, Habibullah Akbar, & Anwar, N. (2021). Aplikasi Artefak Museum Bank Indonesia Berbasis Model 3D. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 240–245. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/58