Analisa Data Trafik Jalur Data QoS (Quality of Services) Metode ADPH (Average Daily Peak Hours)

Penulis

  • Nizirwan Anwar Universitas Esa Unggul
  • Habibullah Akbar Universitas Esa Unggul
  • Mukhamad Abduh Universitas Esa Unggul
  • M. Bahrul Ulum Universitas Esa Unggul
  • Renaldy Hidayat Universitas Esa Unggul
  • Agung Mulyo Widodo Universitas Esa Unggul
  • Muhammad Dzulfiqar Firdaus Universitas Komputer Indonesia

Kata Kunci:

QoS, ADPH, Jaringan, Jam Sibuk

Abstrak

Jasa Penyedia Data (Provider) AXYZ selaku perusahaan penyedia layanan internet di Indonesia sudah mampu memberikan jangkauan jaringan yang cukup menyebar di seluruh Indonesia. Layanan yang ditawarkan pun beragam mulai dari layanan untuk rumah ataupun perusahaan. Juga dari tingkat kecepatan internet pun dibagi ke beberapa layanan sesuai kemampuan konsumen. Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu elemen jaringan, seperti aplikasi jaringan, host, atau router untuk memiliki tingkatan jaminan bahwa elemen jaringan tersebut dapat memenuhi kebutuhan suatu layanan. Berdasarkan hal di atas, peneliti berinisiatif untuk melakukan analisa QoS terhadap jaringan milik Jasa Penyedia Data (Provider) berdasarkan waktu/jam penggunaan. Parameter pengukuran yang digunakan adalah dengan menilai delay, packet lost, dan jitter yang terjadi pada saat pengujian. Selain itu, dicari pula ADPH (Average Daily Peak Hour) pada pengamatan yang dilakukan. Hasil yang didapat adalah jam 20.00 – 21.00 merupakan jam dengan tingkat kesibukan tertinggi berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-10

Cara Mengutip

Anwar, N., Habibullah Akbar, Mukhamad Abduh, M. Bahrul Ulum, Renaldy Hidayat, Agung Mulyo Widodo, & Muhammad Dzulfiqar Firdaus. (2021). Analisa Data Trafik Jalur Data QoS (Quality of Services) Metode ADPH (Average Daily Peak Hours). Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 354–358. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/77