Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Di Era Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Palibelo

Penulis

  • Nurfitriani Nurfitriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Nur Fitrianingsih STKIP Taman Siswa Bima
  • Ita Fitriati STKIP Taman Siswa Bima

Abstrak

Abstrak ─ Whatsapp merupakan salah satu media pembelajaran jarak jauh yang sudah familiar dan sering digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran daring menggunakan whatsapp di era covid-19 terhadap hasil belajar siswa smk negeri 1 palibelo. Jenis penelitian merupakan Pre-experiment dengan menggunakan satu kelompok pretes dan postes (one group pretest-postest design). Sampel penelitian yaitu siswa kelas X Multimedia sebanyak 24 orang. Data sampel diolah dengan analisis uji normalitas data dan analisi deskriptif perbedaan rata- rata menggunakan uji paired sample t test dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian Berdasarkan Dari hasil paired sample t-test dapat dilihat bahwa signifikansi dari 2-tailed adalah 0.000 yaitu kurang dari 0.05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, karena Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya efektifitas pembelajaran daring berbasis media WhatsApp pada mata pelajaran SIMDIG berpengaruh terhadap hasil belajar siswa(cukup efektif). Kata kunci - Efekifitas, Pembelajaran Daring, Media WhattSapp Hasil belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-12

Cara Mengutip

Nurfitriani, N., Fitrianingsih, N. ., & Fitriati, I. . (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Di Era Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Palibelo. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5(1), 389–393. Diambil dari https://prosiding.konik.id/index.php/konik/article/view/84